4 June 2009

Semangat Berbuah Anugerah

Saat para peserta melangkah dengan yakinnya. Peserta dari MAN Jember I berkeliling di antara keraguan. Dengan modal tekad dan semangat untuk memperoleh ilmu dan pengalaman, kami mencoba mengadu kekreatifitasan di Jurnalist by Learning SMA se-Jember di Fakultas Ekonomi Universitas Jember oleh LPME Ecpose. Ajang lomba dan pelatihan jurnalistik yang diadakan pada tanggal 24 - 26 April 2009 ini membuat jiwa pers kami bergetar. Seakan ada pintu kehidupan baru setelahnya. Kami dari MAN Jember I pun mencoba menjalani tantangan baru ini dengan mengirimkan 3 kelompok dari anggota media Tabilla.
Acara yang diikuti oleh 18 kelompok yang masing-masing kelompoknya beranggotakan 5 orang ini berjalan cukup seru. Setiap anggota dari setiap kelompok telah bertugas di bidang yang dikehendakinya masing-masing. Satu orang bertugas sebagai layouter. Satu orang lagi bertugas sebagai fotografer. Dan sisanya adalah reporter. Masing-masing peserta bertanggung jawab atas kelompoknya sesuai dengan tugasnya masing-masing.
Pada hari pertama diisi oleh pelatihan seputar jurnalistik sesuai tanggung jawabnya masing-masing. Yang bertugas sebagai layouter dapat ilmu layout yang baru. Yang bertugas sebagai fotografer dapat ilmu fotografi yang baik. Dan reporter mendapat ilmu reportasi yang benar. Selanjutnya pelatihan seputar keredaksian. Pelatihan ini membahas susunan redaksi beserta tugas dan tanggung jawabnya diikuti oleh semua peserta.
Hari kedua, setiap kelompok harus membuat Bulletin dalam waktu selambat-lambatnya 15 jam. Tanpa persiapan apapun. Semua bahan berita, tulisan dan design dilaksanakan pada saat itu juga. Ihwaow…tugas ini cukup untuk memusingkan kepala, bukan? Namun dengan perjuangan keras yang telah dijalani seharian. Dan dengan usaha kami hunting berita langsung di tempat yang telah disediakan oleh panitia, yaitu di bantaran sungai Bedadung. Alhamdulillah, masing-masing kelompok dari MAN Jember I telah dapat menerbitkan bulletin pertama mereka masing-masing dengan lancar dan tepat waktu.
Nah…,selanjutnya inilah hari yang ditunggu-tunggu. Hari yang mampu membuat jantung setiap peserta berdetak kencang seperti genderang yang mau perang. Dan darah yang bisa mengalir lebih cepat dari ujung kaki ke ujung kepala. (Ciyee…, kayak lagunya Dewa19 aja!). Tapi beneran, panitia telah berhasil membuat hati pesertanya dag…dig…dug…byar! Sampai-sampai ada peserta yang berteriak histeris dan ada pula yang menangis. Yapz…acara puncak dari serangkaian acara yang telah dilewati ini adalah pengumuman para pemenang.
Puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT… ternyata perjuangan kami tidak sia-sia. Rasa sakit, lelah, letih, dan ngantuk bisa terbayarkan. Semangat yang telah dipupuk dari awal membuahkan anugerah dari Yang Maha Kuasa. Dari tiga kelompok yang dikirimkan oleh MAN Jember I, dua kelompok diantaranya berhasil meraih juara I dan II. Masih ada bonus lho…!Salah satu peserta dari MAN Jember I, juga berhasil meraih nominasi sebagai reporter terbaik. Wah…Congrotulation ya! Tetap jaya pers pelajar media tabilla di MAN Jember I dan Sukses selalu buat kita semuanya…! Terimakasih. [M^H^A]
 
Template designed using MAN Jember 1