30 May 2009

Ketika Tanggung Jawab Dipertanyakan

MAN Jember 1….. selalu ada yang beda dari mu.. Di Samudra ilmu ini ada buuuuaaanyak ilmu yang akan kita dapatkan didalam nya. Baik itu ilmu akademik (ilmu pengetahuan) maupun non akademik (ex keorganisasian). Salah satu sarana untuk mendapatkan ilmu keorganisasian di MAN Jember 1 adalah suatu organisasi yang tertinggi di MAN Jember 1. Organisasi itu yaitu MPK (Majelis Perwakilan Kelas)

MPK adalah salah satu organisasi di MAN Jember 1 yang mengemban amanah untuk memonitori kerja OSIS MAN Jember 1. selain itu MPK MAN Jember 1 juga menjadi tempat menuang aspirasi siswa-siswi MAN Jember 1 yang berhubungan dengan seluruh kegiatan maupun fasilitas dari MAN Jember 1. Salah satu tugas dari organisasi MPK yaitu mengevaluasi seluruh kegiatan OSIS baik dari kesektariatan maupun dari koordinator bidang. Evaluasi ini diadakan tiga bulan sekali. Dan baru-baru ini MPK MAN jember 1 juga sudah melaksanakan evaluasi OSIS yang ke-2, tepatnya pada tanggal 25-30 Mei 2009. semua anggota OSIS, kesekretariatan maupun para KORBID (koordinator Bidang) mempertanggung jawabkan semua kegiatan yang telah mereka laksanakan selama 3 bulan terakhir ini..

Pada saat itu juga….semua tanggung jawab dipertanyakan. Baik itu dari sisi kegiatan , organisasi maupun keuangan. OSIS pada saat itu laksana persidangan yang begitu menegangkan. Semua kegiatan harus sesuai dengan Program kerjanya. Dan tak ketinggalan juga keuangan yang ada tidak boleh kurang Rp.500 pun. Bayangin aja gimana rasanya yaaachh???Tapi, semua itu semata-mata bertujuan untuk meluruskan kesalahan, bukan untuk mencari-cari kesalahan.

Pada saat evaluasi itu yang paling banyak bermasalah adalah Si Bank Dana (Keuangan) . ada saja masalah yang tergelincir atau bahkan membelit dari Si Bank Dana itu. Kesalahan itu bisa dikarenakan dari kesalahan penbukuan, Penulisan buku kas, atau bahkan salah menghitung uang itu. Karena uang itu amat sangat licin lhoo….ngga’ bisa dilepaskan sembarangan….

Dari evaluasi itu sendiri pihak MPK juga memberi saran-saran untuk semua kegiatan OSIS yang dirasa memerlukan saran tersebut. Saran-saran itu tak lain tujuannya adalah untuk membuat kinerja dari OSIS menjadi lebih baik lagi kedepannya terutama pada masalah Bank Dana, pasalnya uang anggaran dari OSIS adalah iuran dari para siswa sendiri. Jadi, semua rincian dana harus jelas.

Sukses buat MPK dan selalu menjadi inspirasi bagi para siswa-siswi MAN Jember 1………….
 
Template designed using MAN Jember 1