4 June 2009

It's ME MAN Jember 1

Ini adalah suatu ungkapan yang artinya “inilah aku MAN Jember 1“ yang selalu beda dengan madrasah-madrasah yang lain. MAN Jember 1 selalu saja menampilkan program-program yang tak kalah serunya dengan SMA-SMA di Jember ini. Atau bahkan salah satu program yang dilahirkan oleh MAN Jember 1 itu tidak ada di sekolah-sekolah Jember. Dengan adanya program – program itulah bisa membuat siswa – siswinya trampil dan siap terjun ke masyarakat secara langsung.
Salah program MAN Jember 1 yang terus maju sampai saat ini yaitu Program keterampilan. Program keterampilan itu meliputi Keterampilan Pertanian , Keterampilan Tata Busana , Keterampilan Elektro , dan tak ketinggalan juga di MAN Jember 1 ada juga Keterampilan Otomatif. Waaau....lengkap banget khaan?? And jarang banget khaan ada madrasah yang seperti ini?
Keterampilan Pertanian itu mengkaji tentang cara-cara untuk bertani dalam kehidupan. Selain itu didalam keterampilan ini juga siswa – siswi didalamnya juga diajarkan tentang berproduksi sebuah hasil industri. Suatu contoh kita bisa membuat susu kedelai yang bisa kita jual. Adapula latihan-latihan untuk membudidaya aglonema contohnya anggrek. Dan masih banyak yang lain yang dapat kita dapatkan dalam keterampilan ini.
KeterampilanTata Busana merupakan keterampilan yang melatih tentang penggarapan busana atau jahit-menjahit. Siswa-siswi yang berhasil masuk dalam keterampilan bisa menciptakan sebuah busana yang tak kalah bagus dengan designer-designer papan atas lhoo!!.... ciiiiiaahhh.....
Keterampilan Elektro adalah keterampilan yang melatih siswa-siswinya untuk bisa menguasai tentang kelistrikan dan sebagainya. Samapai-sampai anak elektro ini mampu membuat robot dengan tangan mereka sendiri. Dan bahkan pada tahun 2004 ketika anak-anak elektro mengikuti kompetisi berhasil mendapatkan juara yang membanggakan. Waaaaahh.....T_O_P banget dech nich buat anak elektro.
Dan yang terakhir yaitu Keterampilan Otomotif . Keterampilan Otomotif di MAN Jember 1 memberi ilmu tentang perbengkelan. Seperti mobil-mobil dan sepeda motor. Waaaah.....lengkap banget dech pokoknya buat Samudra Ilmu untuk orang UNICK ini.
Program keterampilan itu bisa dinikmati waktu kita sudah memasuki kelas 2 di Madrasah ini. Pendaftaran Keterampilan ini dibuka saat akhir semester 2 pada waktu kita kelas 1. Untuk masuk dalam kelas keterampilan ini kita harus dihadapi dengan deretan tes-tes yang asyik dan menyenangkan. Deretan itu pertama , kita harus mengikuti tes tulis. Tes tulisnya yaach tergantung dengan keterampilan yang diinginkan masing-masing siswa. Kedua, kita harus mengikuti tes praktek yang nantinya kita disuruh menyebutkan apa sajakah yang ada dalam ketermpilan itu. Dan yang ketiga , kita harus dituntut untuk mengikuti tes wawncara. Dalam tes wawancara ini para pembina harus melihat apakah peserta benar-benar berminat atau hanya main-main dan inget yaach...kelas keterampilan ini muridnya terbatas lhoh.
Dan...itu lah sekelumit dari perjuangan untuk memasuki kelas keterampilan. Jika hasil kita memuaskan dan kita di izinkah Oleh Allah untuk ikut program ini maka insyaAllah kita akan lolos. Namun jika Allah belum mengizinkan maka kita tidak perlu sedih , thoh kita sudah mencoba.
Itulah program yang kami anggap sebagai program yang tidak dimiliki oleh madrasah-madrasah lain di Jember.
Dengan adanya program keterampilan ini , sebagai program untuk kita setelah kita telah menjadi Alumni di madrasah Aliyah Negri jember 1.
MAN Jember 1 ini adalah benar-benar madrasah untuk orang-orang yang unggul , islami , cerdas , dan kreatif
[ Che_n!eZ ]
 
Template designed using MAN Jember 1