4 June 2009

MANJI...Oh, MANJI…

MANJI alias MAN Jember Siji ini memang membuat rasa rindu bagi semua warganya. Dengan sekelumit kegiatan yang dilaksanakan, dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan antar warganya. Fasilitas penunjangnya mampu memberikan kenyamanan. Belum lagi, proses belajar mengajar yang tidak kalah dengan sekolah-sekolah lainnya. Nah..., setelah membaca tulisan ini, dijamin tidak ada yang dapat menyalahkan jika MAN Jember I ini kami sebut dengan “Samudra ilmu bagi yang UNICK (Unggul, Islami, Cerdas dan Kreatif)“.
Madrasah Aliyah Negeri Jember I ini menyajikan kurikulum umum plus-plus. Dimana kurikulum itu berisi kurikulum umum setara dengan SMU, plus beberapa bidang studi keislaman. Jadi, ilmu yang kita terima di MAN Jember I ini meliputi ilmu dunia dan ilmu akhirat selayaknya sebagai madrasah aliyah.
Ilmu dunia yang bisa kita terima sehari-hari juga bukan ilmu dalam mata pelajaran saja. Seperti ilmu exact, ilmu sosial, ilmu agama ataupun ilmu bahasa yang setara dengan SMU/MA yang lain. Namun kita juga mendapatkan ilmu keorganisasian dan ilmu keterampilan. Bahkan ilmu hidup dengan kasih sayang antar sesama muslim yang menuntun kita dalam meraih kehidupan akhirat yang indah kelak juga tersedia.
Dalam proses belajar mengajarnya, didukung oleh fasilitas yang mendukung. Fasilitas yang dimiliki samudra ilmu ini sangat menunjang. Seperti, ruang kelas modern dengan DVD Player, TV, dan OHP. Ada pula tempat Work shop untuk keterampilan, baik otomotif, elektronika, tata busana, komputer, bahasa dan pertanian. Ada juga perpustakaan, kelas Out Door, Fasilitas Olah Raga, Gedung PSBB, internet, Laboratorium Bahasa, Mushola, Aula, Basecamp masing-masing ekstrakurikuler, dll. Oya..., ada pula ruang multimedia centre dengan fasilitas pendukung seperti LCD, Viewer, TV, DVD, Laptop, Devices.
Selain itu, dalam menempuh ilmu dalam mata pelajaran, didukung oleh pengajar yang merupakan tenaga-tenaga edukatif terpilih. Para guru pengajarnya juga tidak kalah UNICK. Lebih dari 80 orang sarjana S1 dari berbagai disiplin ilmu. Ada 11 orang guru berkualitas magister/master (S2) sesuai dengan bidang studi inti yang diajarkan di SMU/MA. Tiga guru berpengalaman belajar di Australia (short course/S2), La trobe University dan Monash University. Dua orang guru belajar di Timur Tengah. Satu orang berpengalaman belajar di Jepang. Dan satu orang lagi kandidat doktor di UIN Jogjakarta.
Untuk memperoleh ilmu keorganisasian, bisa didapatkan dalam beberapa ektrakulikuler yang menarik. Dalam bidang tulis menulis kritis ada KKIR (Kelompok Karya Ilmiah Remaja) dan Majalah Tabilla. Dalam hal keagamaan/ketaqwaan ada Tahfidhil Qur’an, Kajian keagamaan, BMK (Bimbingan Membaca Kitab). Bagi yang tertarik bidang seni dapat mengikuti Videografi, Teater, Musik islami, Musik band, wirausaha, dan tata boga. Dalam bidang kesehatan dan olah raga, dapat mengikuti PMR (Palang Merah Remaja), Pecinta alam MAYAPADA, Tae Kwon Do, Basket, Volly, Sepak bola/futsal, bulutangkis, dll. Ada juga bidang kedisiplinan seperti Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dan PRAMANSA (Praja Muda Karana MAN Satu Jember). Namun organisasi inti di MAN Jember I adalah OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), Media Tabilla (Pers Pelajar Taqorub Billah), dan MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas),yang sepenuhnya didukung oleh pembina, pembimbing, dan fasilitas lengkap.
Bukan hanya itu saja. Bagi yang ingin menyalurkan bakatnya sebagai pintu gerbang menuju keberhasilan di dunia kerja maupun studi tindak lanjut, dapat mengikuti program rutin keterampilan/ kecakapan hidup (life skills). Program ini telah disahkan dan mendapat pandangan lebih di luar. Fasilitasnya yang lengkap dan bersertifikat. Program yang ditawarkan juga banyak. Seperti, keterampilan otomotif, keterampilan tata busana, ketermapilan berbahasa asing, keterampilan elektronika, keterampilan pertanian, serta keterampilan komputer dan internet.
Ini belum ilmu untuk menempuh hidup. Secara tidak langsung, dengan program-program yang disediakan. Dengan kegiatan-kegiatan yang menarik. Dapat membangun silaturahmi antar warganya dengan baik. Kasih sayang antar sesama muslim juga dapat terbentuk sesuai jalan yang benar. Rasa kasih mengasihi. Rasa sayang menyayangi. Hormat menghormati. Juga dapat terbentuk karena kebiasaannya sehari-hari. Jadi tidak salah jika selalu ada rasa rindu kepada madrasah ini menyelimuti hati setiap warganya yang selalu berusaha UNICK (Unggul,Islami,Cerdas,dan Kreatif).
Warganya yang terbentuk UNICK. Unggul dalam segala kebaikan. Islami untuk lebih mendekatkan diri pada Allah al-Khaliq. Berfikir cerdas sehingga dapat menentukan keputusan dan kritis. Serta kreatif dalam menyelesaikan segala cobaan hidup. Hal ini dapat terus memperkokoh Madrasah Aliyah Negeri Jember 1 yang merupakan samudra ilmu.
Keseimbang antara ilmu pengetahuan, teknologi yang mendukung, keimanan dan ketaqwaan serta keselarasan antara kesehatan jasmani dan rohani merupakan tujuan hidup insan ulil albab yang berusaha dibangun di MAN Jember 1 ini. Jadi tak ada yang dapat menyalahkan jika Madrasah Aliyah negeri jember 1 ini kami beri nama ”Samudra Ilmu bagi yang UNICK (Unggul, Islami, Cerdas, dan Kreatif)”. [M^H^A]
 
Template designed using MAN Jember 1